Menurut Philip Kotler, Banyak produk dapat
didiferensiasi berdasarkan bentuk (ukuran, model, atau struktur fisik produk).
Contohnya, aspirin. Walalupun pada hakikatnya merupakan komoditas, ia dapat
dideferensiasikan berdasarkan ukuran dosis, bentuk, warna, lapisan luar, masa
fungsi.
A.
Diferensiasi
produk
Banyak
produk dapat didiferensiasi berdasarkan bentuk (ukuran, model, atau struktur
fisik produk). Contohnya, aspirin. Walalupun pada hakikatnya merupakan
komoditas, ia dapat dideferensiasikan berdasarkan ukuran dosis, bentuk, warna,
lapisan luar, masa fungsi.
ü Bentuk
Banyak produk diferensiasikan
berdasarkan bentuk (form)- ukuran, bentuk, atau struktur fisik produk.
ü Fitur (feature)
Melalui survei, dapat diidentifikasi dan diseleksi
tentang nilai pelanggan dibandingkan biaya perusahaan untuk fitur yang
melengkapi fungsi dasar produk.
ü Penyesuaian
Pemasar dapat mendiferensiasiakan produk dengan
menyesuaikan produk tersebut dengan keinginan perorangan. Ketika perusahaan
semakin pandai mengumpulkan informasi tentang pelanggan perorangan dan mitra
bisnis (pemasok, distributor, pengecer), dan ketika pabrik mereka dirancang
lebih fleksibel, mereka telah meningkatkan kemampuan mereka untuk
mengindividualisasikan penawaran pasar, pesan, dan media.
ü Kualitas Kinerja
Empat level kinerja adalah: rendah, rata-rata, tinggi
dan unggul. Perusahaan harus merancang satu level kinerja yang sesuai dengan
pasar sasaran dan level kinerja pesaing.
ü Kualitas Kesesuaian (conformance quality)
ü Misalnya mobil A dirancang untuk mencapai
kecepatan 6 mil per jam dalam 10 detik. Jika setiap produk yang selesai dirakit
memenuhi itu, dikatakan memiliki mutu kesesuaian tinggi.
ü Ketahan (durability).
Ukuran usia yang diharapkan atas beroperasinya produk
dalam kondisi normal/berat. Biasanya pembeli bersedia membayar lebih untuk
produk dengan reputasi ”tahan lama”.
ü Keandalan (reability).
Adalah ukuran probabilitas bahwa produk tertentu tidak
akan rusak atau gagal dalam periode waktu tertentu.
ü Mudah diperbaiki.
Sifat mudah diperbaiki yang ideal adalhjika pemakai
dapat memperbaiki sendiri dengan biaya yang relatif kecil.
ü Gaya (style)
Pembeli mobil membayar harga premium untuk Jaguar yang
penampilannya luar biasa.
B.
Desain
Adalah totalitas fitur yang mempengaruhi
penampilan dan fungsi produk tertentu menurut yang disyaratkan pelanggan.
Perancang harus memikirkan berapa besar yang harus diinvestasikan untuk
mendiferensiasi produk.
C.
Diferensiasi Jasa
Jika prooduk fisik tidak mudah
didefensiasi, kunci keberhasilan dalam persaingan sering terletak pada
penambahan jasa atau pelayanan yang menambah nilai serta perbaikan
mutu produk fisik itu. Pembeda utama layanan adalah hal berikut:
ü Kemudahan Pemesanan (ordering ease).
Kemudahan pemesanan banyak bank sekarang
menyediakan perangkat lunak perbankan di rumah untuk membantu nasabah
mendapatkan informasi dan bertransaksi dengan bank secara lebih efisien. Para
konsumen sekarang bahkan mampu memesan dan menerima bahan makanan tanpa pergi
ke supermarket.
ü Pengiriman (delivery).
Mengacu pada seberapa baik produk atau
jasa diserahkan kepada pelanggan. Contoh; Pizza disampaikan dalam keadaan panas
kepada pembeli di rumah.
ü Pemasangan (installation)
Mengacu pada pekerjaan yang dilakukan
untuk membuat produk tertentu beroperasi di lokasi yang direncanakan.
ü Pelatihan Pelanggan (customer training)
Mengacu pada pelatihan para pegawai
pelanggan untuk menggunakan peralatan dair penjual secara tepat dan efisien.
(alat X-ray dsb).
ü Konsultasi Pelanggan (Customer
consulting).
Mengacu pada pelayanan data, sistem
informasi, dan saran yang diberikan penjual kepada pembeli.
ü Pemeliharaan dan Perbaikan (maintenance
dan repair)
Merupakan program pelayanan perusahaan
untuk membantu pelanggan menjaga produk yang mereka beli senatiasa dalam
kondisi kerja yang baik.
CASINO BONUSES, HANDOVER, MD - Mapyro
BalasHapusCASINO BONUSES, HANDOVER. 안동 출장안마 Mapyro 하남 출장안마 provides a 남원 출장샵 detailed casino map 상주 출장마사지 of the area including current room rates, telephone number, 여주 출장안마